Blogroll

Trauma healing SOS tahap 1 priode 3

pemberian materi kesadaran menghadapi bencana yang dikemas dalam bentuk permainan "Break The Code" di posko pengungsian GBKP kota Berastagi, asal pengungsi dari Desa Sigarang-garang kec. Naman Teran.
Mereka sudah ada di posko pengungsian selama 11 bulan atau hampir setahun, tetapi mereka tetap masih mampu tersenyum dan belum hilang keceriaan mereka.

Anak-anak adalah kelompok umur yang memiliki kebutuhan khusus, selain kebutuhan sandang, pangan dan papan mereka juga memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan diri, bermain dan banyak lagi. Tetapi selama tinggal di posko pengungsian mereka hanya memiliki ruang main yang terbatas. Maka itu kali ini team SOS membawa dan mengajari mereka untuk bermain dengan ruang yang terbatas dan mengajari mereka untuk menyiasati keterbatasan ruang tersebut. Kami berharap mereka semakin kreatif dan terbiasa menikmati apa yang ada dan memanfaatkan ruang semaksimal mungkin.


Mungkin kita akan berpikir bahwa masalah Trauma sudah berhenti, sejalan dengan berlalunya bencana. Sahabat-sahabat SOS yang terkasih, masalah trauma tidak akan terselesaikan bila tidak di tangani dan dampaknya akan kelihatan jauh setelah bencana itu sendiri telah lama berlalu. Bahayanya trauma itu timbul tampa gejala dan tanda - tanda. Secara kasat mata anak - anak yang menderita trauma akan terlihat sama dengan anak - anak yang lain, tapi dalam keadaan tertentu dampak trauma itu akan terlihat dalam cara mereka bertindak, bersikap dan berprilaku. Dampak trauma akan memapar kepada empat aspek yaitu; aspek fisik, interpersonal, emosi dan kognitif.


Masih ada pengungsi di Sinabung ! semua sarana dan prasarana yang rusak dan hancur akibat bencana dapat dibangun kembali ketika bencana usai, tetapi mental anak yang rusak akibat bencana tidak akan pernah bisa dikembalikan dan diperbaiki jika tidak ditangani.


Bagi sahabat SOS yang masih ingin berpartisipasi mengulurkan bantuan, salurkan bantuan anda melalui Bank BNI Cab. Kabanjahe no rek.0334688622 atas nama Lembaga Save Our Sinabung.

 " Sedikit dari kita sangat berharga bagi mereka".

0 komentar:

Posting Komentar